Nagari Sungai Nyalo Dinilai Tim Provinsi

Nagari Sungai Nyalo IV Koto Mudiak, Kecamatan Batang Kapas, menjadi salah satu dari 4 nagari di Sumatera Barat yang dinilai oleh tim penilai kelurahan dan nagari berprestasi 2017.

Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumatera Barat, Syafrizal Ucok, Nagari Sungai Nyalo merupakan nagari terakhir yang dinilai tim.

“Kami sudah nilai sejumlah nagari, seperti di Kabupaten Tanah Datar, Agam dan Sijunjung, terakhir Pesisir Selatan” sebut Plt Bupati Mentawai itu, Jumat, 19/05, di Sungai Nyalo.

Menurut Syafrizal dari 10 kabupaten yang lolos administrasi akhirnya ditetapkan 4 nagari terbaik untuk dinilai secara faktual.

“4 nagari yang secara administrasi sudah kami nilai, untuk memastikan inplementasi administrasi itu, maka kami perlu mencek kebenarannya kelapangan” ujarnya.

Ada 3 indikator yang dinilai, pertama kewilayahan, kedua, kepemerintahan dan yang ketiga, kemasyarakatan.

Sementara itu, Wali Nagari Sungai Nyalo, Ulil Amri, mengaku sejak menjadi nagari definitif pada 2011 sejumlah perkembangan terasa sekali.

“Sejak 2011 jadi nagari sendiri, beberapa capaian sudah kami rasakan, pengelolaan anggaran yang terbuka, partisipasi masyarakat yang meningkat dan berbagai pembangunan fisik yang berhasil meningkat ekonomi masyarakat” papar Ulil saat ekpose dihadapan tim penilai.

Penilaian nagari 2017 di Sungai Nyalo dihadiri segenap lapisan masyarakat, sementara itu, jajaran OPD Pemkab terlihat ramai.

Bupati Pessel yang diwakili Sekdakab Erizon juga berharap agar Nagari Sungai Nyalo keluar sebagai pemuncak sehingga bisa mewakili Sumbar pada lomba yang sama dilevel nasional.

Sumber

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*