Terbaik Di Sumbar, Ini Keunggulan Nagari Sungai Nyalo IV Koto Mudiak

Bupati Pessel Hendra Joni ketika mengunjungi Nagari Sungai Nyalo IV Koto Mudiak.
Bupati Pessel Hendra Joni ketika mengunjungi Nagari Sungai Nyalo IV Koto Mudiak.

Pemberdayaan Masyarakat Aktif, Berada di Kawasan Mandeh

im penilai nagari berprestasi Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menetapkan Nagari Sungai Nyalo IV Koto Mudiak Kecamatan Batangkapas Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) sebagai nagari berprestasi tingkat Sumbar. Otomatis Nagari Sungai Nyalo IV Koto Mudiak mewakili Sumbar untuk penilaian tingkat nasional.

Penetapan sebagai nagari berprestasi tingkat provinsi itu, tertuang dalam SK Gubernur Sumatera Barat Nomor : 410-574-2017, tentang penetapan pemenang perlombaan nagari dan kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2017.

Bupati Pessel Hendrajoni mengatakan, ini adalah hasil upaya dan kerja keras yang dilakukan pihaknya melalui OPD terkait. “Alhamdulillah berkah kembali datang, kita berharap prestasi tidak hanya sampai di tingkat provinsi, tetapi juga bisa menoreh prestasi di tingkat nasional nantinya,” harap Hendrajoni.

Disampaikanya bahwa berkat prestasi itu, sehingga tim penilai pusat akan turun pula melakukan penilaian ke nagari itu pada bulan Juli 2017.

Karena penilaian yang akan dilakukan lebih tinggi lagi, sehingga Pemkab Pessel bersama Pemprov juga tengah mempersiapkan administrasi dan dokumen pendukung lainnya yang akan diverifikasi oleh tim penilai pusat itu.

Tim itu dari pusat itu, akan turun ke lapangan untuk mengecek administrasi dan dokumen pendukung tersebut. “Saya minta kepada seluruh OPD, untuk turun melakukan pembinaan secara maksimal pada nagari bersangkutan,” ungkapnya.

Menurutnya, keuanggulan Nagari Sungai Nyalo IV Koto Mudiek adalah budaya gotong royong yang begitu kental di kalangan masyarakat. Pembangunan dilakukan secara bergotong royong. Hal itu menjadi salah satu poin yang mengantarkan nagari yang baru berusia enam tahun itu, terpilih sebagai nagari berprestasi tingkat provinsi.

“Penilaian itu, lebih difokuskan pada pemberdayaan masyarakat yaitu sejauh mana pemerintah nagari mampu memberdayakan masyarakat dalam pembangunan di berbagai bidang,” imbuh Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Pengendalian Penduduk dan KB, Rusdiyanto.

Selain pemberdayaan masyarakat yang bagus, keunggulan Nagari Sungai Nyalo Kecamatan Koto XI Tarusan karena masuk kategori desa wisata dengan perkembangan tercepat yang ditetapkan oleh Kementerian Desa. Nagari Sungai Nyalo itu, berada di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan.

“Nagari itu memiliki semangat yang kuat untuk mengembangkan sektor pariwisata, sekaligus mendukung seluruh program dan kegiatan pengembangan pariwisata oleh pemerintah,” ungkapnya.

Sumber

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*